Senin, 26 Maret 2012

Alat Tiup pada Marching Band


  1. Brass (Alat tiup)





Sebuah instrumen kuningan adalah alat musik yang suara yang dihasilkan oleh getaran simpatik udara dalam sebuah tabung resonatordalam simpati dengan getaran bibir pemain. Instrumen Kuningan juga disebut labrosones, secara harfiah berarti "-instrumen bibir bergetar".
Ada dua faktor yang berbeda dalam memproduksi lapangan pada sebuah instrumen kuningan :

Salah satunya adalah perubahan dari bibir pemain, dan aliran udara.
Yang kedua adalah penggunaan slide atau katup untuk mengubah panjang pipa, sehingga mengubah seri harmonik yang disajikan oleh instrumen untuk pemain.



Di dalam section brass ini dibedakan tiga suara,mereka antara lain Lowbrass,Middlebrass,dan HighBrass…

a. Lowbrass…






Ya section ini juga tak kalah pentingnya di marching band ini,mereka juga di juluki section yang paling sangar dan gahar…





selain section ini mengeluarkan bunyi yang sangar,alat ini cenderung berat,karena mulut corong yang dibuat tersebut terbilang sangat besar dan cenderung memberatkan pemain yang memainkannya….



Selain itu mereka juga berfungsi untuk menghangatkan lagu…jadi so sweet gitu kali yaa…hahahaha
Section ini di perkuat berberapa section lagi…
Mereka adalah: Baritone,Tuba,dan Trombone



b. Middlebrass





Ya,section ini bisa di bilang sebagai penyeimbang irama lagu,selain suaranya yang melo (sendah gulana) iya juga dapat mengeluarkan suara sangar seperti section LowBrass….

selain itu alat ini punta kesamaan lain yaitu mempunyai berat alat yang sama besarnya dengan section Lowbrass,tetapi tidak terlalu berat seperti Lowbrass,kalo lowbrass tuh alatnya berat banget emang…ckckckck

Section ini di perkuat oleh beberapa section lagi,mereka adalah Flugel,dan Mellophone…


c. Highbrass






Aha,inilah section yang paling beken di brass,karena selain bisa mengeluarkan bunyi melengking,ia juga bisa mengeluarkan suara melodi yang indah dan juga alat ini terbilang ringan dari section brass lainnya…

Tetapi rata-rata pemain dari high brass harus bermodalkan bibir yang tipis,tidak seperti section middle dan low yang dapat dimainkan dengan bibir yang tebal dan juga pemain highbrass harus memiliki napas yang lumayan panjang pula.

Section ini di perkuat oleh beberapa section juga,mereka adalah Terompet 1,2 dan 3…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar